Generation Y – Kunto Aji

 

Sekali lagi saya mau coba bikin review suka-suka. Belakangan saya lagi suka banget sama lagu-lagu dari albumnya Kunto Aji. Tau kan yang mana ? Dia perna bikin satu lagu yang ngehits banget dan jadi lagu kebangsaan para jomblo “Terlalu Lama Sendiri”. Setelah penasaran dan nungguin lama, akhirnya dia keluarin album di akhir taon 2015 lalu. Saya sendiri baru dapet albumnya beberapa minggu yang lalu, beli via  online di blibli.com.

Album ini berjudul  Generaton Y. Generasi Y ini artinya generasi yang sekarang, yang modern melek teknologi, kenal internet dengan semua kemudahan informasi di dalamnya. Definisi lebih detailnya googling aja d. Yang jelas generasi Y atau sederhana nya anak muda jaman sekarang ini lah yang menjadi “target” dari Aji, ga heran kalo banyak topik yang diangkat juga seputaran itu. Salut sama konsistensi nya, jadi dari tema, lagu, musik, lirik, desain visual albumnya, semuanya nyambung sesuai.

Yang unik dari album fisik ini, kita bisa desain sendiri covernya seperti apa. Jadi tempat CDnya dibuat dari bahan kertas, bukan plastik, dan cover albumnya putih polos, di dalamnya ada satu lembar stiker yang berisi berbagai gambar, kamu bisa gunting dan tempel sesukanya. Kreatif juga, tapi saya si males. Saya lebih suka stiker yang ada member JKT48 hadiah dari Pocky (loh?)

 

IMG_20160301_005716_HDR

 

Okay, here we go..

 

Suara

Track pertama di album ini sebenarnya bisa dibilang cuma semacam intro doang. Durasi nya Cuma satu menitan, Aji nyanyi tanpa diiringi musik, cuma pas bagian akhir aja ada efek-efek suara, seperti derap langkah kaki orang baris-berbaris. Jadi nuansanya semacam mars gitu, apaya mungkin bisa dibilang juga sebuah Anthem. Pertama kali denger pasti ngerasanya aneh, “apaan si ini ?” Tapi kalo uda dicermati lagi, walopun pendek tapi liriknya dalem juga. Uniknya lagu ini dilanjutkan lagi nanti di track ke delapan. Menurut interpretasi saya si kaya mau menyampaikan pesan kemunculan, kedatangan, suatu pergerakan anak muda dengan penuh percaya diri dan tidak takut menghadapi tantangan, beuh..

 

Akhir Bulan

Ini topiknya kena banget si, sederhana, sering dijumpai di kehidupan nyata sehari-hari, yaitu tentang keabisan duit di akhir bulan. Lucu-lucu ngenes si, reff nya aja “Hidup di akhir bulan.. dengan teman mie instan..” (saya nulis ini malem-malem jadi laper kebayang bau Indomie). Tapi di balik itu liriknya tajem juga, semacam mao ngingetin untuk jangan kebanyakan hedon seneng-seneng, jangan kebawa arus pergaulan, jangan besar pasak daripada tiang, ato jangan prioritasin keinginan di atas kebutuhan. Aransemen musiknya, buat ukuran Aji ato kalo dibandingin lagu-lagu lain di album ini bisa dibilang sederhana n ga terlalu ribet, saya dengernya jadi inget pop yang rada jadul taon 90an gitu. Nadanya reffnya sendiri lumayan catchy, kalo dulu jaman saya kuliah ada lagu ini si mungkin bakal saya nyanyiin terus tiap kali berkunjung ke Gemboel ato Pak Moes, warung indomie langganan di sekitaran UNPAR.

 

Buka Buka Buka

Ini salah satu lagu yang “brengsek” si menurut saya. Aransemennya ceria, sedikit ngingetin sama tipe musiknya Mocca, auranya seneng, nadanya kaya kekanakan, jenaka, tapiii.. pas didenger liriknya, perih, sob.. Intinya tentang target gebetan yang ga nyadar-nyadar kalo lagi dideketin. Gilanya lagi, di tengah-tengah lagu tiba-tiba ada kejutan, abis reff nada dan aransemennya langsung berubah drastis, di satu bait itu Aji nyanyi nya jadi melengking dramatis, auranya langsung aura depresi gitu, apaya kaya yang bohwat banget lah, apasi bahasa indonesianya, mungkin kesel-kesel gemes gregetan gitu. Tapi ya itu cuma satu bait sedikit sebentar di tengah, abis itu balik lagi kaya awal, ceria lagi. Abis itu liriknya “Monyet pun tau, aku jatuh hati padamu..” Kebangetan kan, tengik lah memang orang ini kalo bikin lagu..

 

Ekspektasi

Lagu patah hati ini, slow dan dibawain dengan penuh emosi. Liriknya cerita tentang jadi korban PHP tapi dilihat dari sudut pandang yang beda, kaya yang nyalahin diri sendiri karena ekspektasi terlalu tinggi. Aransemen nya simple, awalnya cuma genjrengan gitar listrik yang gayanya rada ngeblues, kesannya si macho gitu, tapi di tengah sampe akhir diisi lagi alunan-alunan musik yang syahdu, mungkin biar tambah menyayat hati. Jadi biarpun mewek tapi tetep harus jantan ! (Apaan si) Lirik dan nadanya lumayan gampang nempel, dinyanyiin dengan nada tinggi dan panjang mengerang “Saaaaaaakit.. Haaaaaaatikuu.. Oooo..”

 

Amatiran

Lagi-lagi, lagu yang bikin senyum-senyum sendiri karena emang sering banget kejadian, kena banget. Lagu ini cerita tentang susahnya ngertiiin satu makhluk yang disebut wanita. Dijamin lah smua cowo yang denger lagu ini pasti dalem hati setuju dan bilang “i feel u bro..” Aransemen nya sendiri santai, rada slow jazzy gitu. Yang paling menarik dari lagu ini buat saya adalah pemilihan katanya, bagus banget. “Memahami hati wanita aku selamanya amatiran..”

 

Terlalu Lama Sendiri

Lagu ini adalah single pertama yang dia rilis, uda lumayan lama di tahun 2014. Kayanya ga perlu banyak dibahas si, karena ini lagu uda ngehits banget dan banyak orang yang tau. Saya sendiri pernah bikin satu postingan di blog ini based on lagu ini. Lama-lama dengerin jadi baper juga men. Yang jelas lagu inilah yang bikin seorang Kunto Aji mulai dikenal banyak orang. Dari lagu ini juga uda keliatan musikalitas yang dimiliki seorang Kunto Aji emang ga sembarangan dan layak terus diikuti.

 

Mercusuar

Di awal lagu ada efek suara pantai, lalu disambung petikan gitar dan suara flute. Apaya kesannya relaxing banget, comforting, bikin adem. Aransemennya mirip-mirip musik lounge, bawaan nya jadi pengen ngafe-ngafe di Bali gitu. Dan kalo dilihat liriknya memang bercerita tentang kenyamanan, kenyamanan karena udah ketemu sama seseorang yang udah dirasa pas, yang selama ini udah susah-susah dicari. Terus apa hubungannya sama mercusuar ? Di situ lah jeniusnya, liriknya berupa metafora-metafora yang berkaitan dengan itu. “kapalku telah bersauh, aku tak ingin jauh, padamulah aku akan berlabuh..” “jangkar sudah terjatuh, aku sudah benar-benar luluh..”

 

Gema

Ini apasi ga jelas abis. Lanjutan track pertama, dua baris terakhir dinyanyikan berulang-ulang dengan suasana yang lebih “ramae”. Kalo tadi dinyanyiin sendiri sama Aji, kalo ini kaya dianyanyiin satu kompi pasukan yang lagi mau maju ke medan perang. Blon ujug-ujug ada efek geledek di akhir lagu. Boleh di skip aja lah kalo gamau buang-buang 2 menit kamu.

 

Pengingat

Ini adalah lagu kolaborasi Aji sama Barry Likumahuwa, salah satu bassist terbaik di Indonesia saat ini yang lebih banyak maen di genre jazz. Makanya aransemen musiknya kerasa rame banget, bisa dibilang paling rame di album ini, rasanya kentel jazz n funk. Saya sih suka, tapi mungkin beberapa orang bisa anggep lagu ini musiknya ruwet keramean. Liriknya positif banget, semangatin buat kejar mimpi, dan sesuai judulnya, pas banget didengerin kalo kamu lagi kerasa mentok.

 

PS : Jangan download ilegal ato beli bajakan yak..

Categories: review suka-suka | Leave a comment

Post navigation

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.