Explore! Isyana Sarasvati

IMG_20160226_003746_HDR

 

Pertama kali saya tau nama Isyana itu dari album hadiahan KFC, albumnya kolaborasi Fariz RM dan Dian Pramana Poetra, di situ ada satu lagu judulnya Paseban Cafe, saya suka banget (oke, selera saya memang lawas..). Saya jatoh cinta tapi blon tau wujudnya Isyana kaya gimana, belakangan makin menjadi-jadi deh setelah liat penampakannya. Apalagi setelah liat iklan-iklan, video-video di yutub, sepak terjangnya cover lagu, maen piano, dll. Saya penganut paham yang percaya cewe yang bisa maen alat musik itu keseksiannya meningkat beberapa ratus persen. Dede saya aja sempet saya ledekin bego begoin abis-abisan karena ganti henpon dari Asus ke Oppo, tapi setelah tau bintang iklan nya Isyana yaudah deh saya maklumin (pemikiran macam apa ini ?)

Setelah nunggu lama akhirnya keluar juga album Isayana ahir taon 2015 kemaren. Judulnya Explore! Total ada 10 lagu, dan hampir semuanya ditulis sendiri oleh Isyana (kecuali satu lagu “Kau Adalah”) Proses penggarapan album ini pun ga tanggung-tanggung, dibikin nya di Swedia. Kenapa harus Swedia ? gatau juga si, mungkin dia demen banget meatball IKEA, tanya aja sendiri ke Isyana yak.

 

 

Berhubung toko CD langganan uda pada tutup, emang jadi ribet kalo mao beli CD, tapi saya seniat itu sampe berburu online cari CD ini saking penasarannya, dan setelah didengerin, worth it banget. Nah mumpung lagi pengangguran saya mao coba bikin review suka-suka tentang album ini, here we go..

 

All or Nothing

Pas pertama liat judulnya, kirain ini lagu sedih, semacam pertaruhan iya iya engga engga. Tapi ternyata saya  salah, album ini dibuka dengan sebuah lagu yang menghentak asik. Lagunya ngebeat, lumayan bikin pengen goyangin badan, minimal angguk-anggukin kepala lah, hoho. Di awal lagu ada denting piano dominan yang mengantar di latar, seakan-akan gamau ngilangin ciri khas ato karakter si Isyana yang emang jago piano, sampe tengah lagu mau masuk ke reff baru diisi musik yang rada-rada disco retro gitu, semuanya ngeblend enak. Lirik lagunya sendiri juga unik, ngegambarin orang yang lagi bahagia-bahagianya jatuh cinta. Jadi ikutan kebawa seneng dengernya.

 

Keep Being You

Lagu ini adalah single yang dia rilis pertama kali, tahun 2014. Rasanya uda lumayan sering juga denger diputer di radio ato dibawain di tipi. Dari awal lagu si kerasa lagu ini RnB banget, jenis lagu yang slow, simple, ga aneh-aneh. Liriknya full in english, masi tentang jatuh cinta dan dibikin rhyme yang asik banget. Dengerinnya bawa suasana yang adem tentrem gitu, kalo sambil inget gebetan si dijamin deh bisa senyum-senyum bego..

 

Tap Tap Tap

Lagu ini punya nada dan aransemen yang unik. Pertama denger pasti kerasa janggal. Saya si rada keganggu sama efek-efek suara yang muncul sesekali sepanjang lagu. Liriknya tentang ngajak orang bersemangat. Ga jelek si, tapi termasuk lagu yang saya kurang suka di album ini. Trying too much..

 

Mimpi

Dibuka dengan alunan piano dan musik yang menyayat, langsung bisa ngebawa ke suasana mellow. Di lagu inilah baru kedenger kualitas suara Isyana yang dahsyat. Liriknya sendiri gambarin sedikit optimisme yang tersisa di kesedihan perpisahan. Galau tapi ga cengeng..

 

The Way I love you

Masih kentel nuansa RnB nya dan kali ini rada ngebeat, not bad but nothin special..

 

Tetap Dalam Jiwa

Lagu ini lah yang jadi hits dan bawa nama Isyana jadi terkenal sebagai salah satu pendatang baru yang berbakat dan potensial. Saya sempet sebel juga si dengernya karena saking terlalu sering diputer dan jadi earworm. Tapi menurut saya, lagu ini bisa bener-bener gambarin karakter Isyana overall, vokal yang kuat, skill piano yang jago, warna RnB disana sini, dan satu lagi yang unik, lirik yang ga pasaran, tema nya mungkin universal tapi punya pemilihan kata yang beda dari yang lain, satu lagi skill yang buat saya luluh..

 

All Over Me

Lagu yang bikin saya “kaget” karena bener-bener malampaui ekspektasi saya. Saya suka banget sama lagu ini, manis banget. Cuma butuh satu dua kali repeat buat langsung jatuh cinta setengah mati. Alunan pianonya syahdu mendayu, aransemen nya polos, suranya lembut membuai, liriknya ga sembarangan, juara lah..

 

Kau Adalah

Bisa dibilang saya ngerasa saya harus punya dan dengerin albumnya Isayana ya karena lagu ini. Single ketiga yang sukses bikin saya penasaran, padahal dua single sebelomnya biasa aja. Pertama kali denger di yutub pas iseng liat video klipnya. Gila men, itu ngapain Isyana dengan tampang polos innocent nya lirik-lirik, senyum malu-malu tersipu, sambil goyang-goyangin bahu, gemes abis..

 

 

Saya langsung excited pas liat ternyata dia featuring Rayi, siapa Rayi ? Dia itu salah satu personilnya RAN, sekaligus salah satu rapper terbaik di Indonesia menurut saya. Siapa itu RAN ? Itu loh yang nyanyi “Dekat di Hati”, yang kaya gini nih :

Aku di sini dan kau di sana.. hanya berjumpa via suara..

Namun ku selalu menunggu saat kita akan berjumpa..

Meski kau kini di Manonjaya, kita memandang langit yang sama..

Jauh di mata namun.. dekat di hati..

(eh bentar, ada yang salah ya liriknya ? ya begitulah pokonya) =P

Kalo lagunya sendiri rada beda si sama lagu-lagu lainnya di album ini, lagu ini menurut saya kerasanya RAN banget. Ga masalah si soalnya saya juga emang demen banget sama RAN. Rayi kebagian ngerap di tengah lagu, dan rap nya asik banget, bukan tempelan ato sisipan biasa tapi bisa nyatu sempurna sama lagunya. Termasuk salah satu lagu yang nempel banget dan saya repeat terus di album ini. Cita-cita bisa ngerap kalo lagi pas karoke lagu ini

 

Di Batas Waktu

Satu lagu yang dalem banget, bercerita tentang kehilangan orang yang meninggal dunia. Aransemen nya slow mellow, dan di beberapa bagian serius bisa bikin merinding kalo bener-bener dihayati dengernya. Disini Isya nunjukin skill nya sebagai penyanyi dengan latar klasikal, keren lah..

 

Pesta

Satu lagi lagu yang beat nya asik banget, mirip kaya lagu pertama, tema dan liriknya uda ketauan dari judul lah ya. Lagu ini juga dipake di iklan Oppo yang paling baru, yang ada Rio Haryanto nya, oiyo out of topic dikit, saya termasuk yang dukung Rio di F1 terlepas kontroversi pembiayaan nya, haha. Balik lagi ke album, lagu penutup yang oke banget, puas lah dengerin satu album ini, mau ngebeat joget enak semnagat bisa, RnB slow ballad bisa, mellow-mellow sedih bisa, manis-manis romantis bisa, saya tungguin deh karya-karya berikutnya neng Isyana..

 

IMG_20160226_003158_HDR

 

PS : Jangan download ilegal ato beli bajakan yak..

Categories: review suka-suka | Leave a comment

Post navigation

Leave a comment

Blog at WordPress.com.