BINGO!

1 2 3 4 !

Suatu siang, di tengah-tengah kesibukan (kebosanan) kerjaan, saya curi-curi waktu buka youtube untuk mencari episode Bima Satria Garuda yang kelewat. Berhubung serial itu ditayangin minggu pagi-pagi, saya sering banget kelewat karena telat bangun. Salah satu channel yang rutin mengupload episode BSG itu sepertinya channel milik seorang fans JKT48. Ga heran si, karena salah satu cast BSG, Stella, adalah salah satu member JKT48. One click lead to another, saya jadi (ga sengaja) nontonin video video lain yang berhubungan sama JKT48.

Saya nemu satu music video, single ketiga nya JKT48, yang judulnya Yuuhi Wo Miteiru Ka ? (Apakah kau melihat mentari senja ?) Saya klik asal aja karena ada kata-kata senja dan judulnya ke jepang-jepangan. Ga nyangka ternyata lagunya enak juga, langsung nyantol. Sebelumnya saya tau Heavy Rotation versi AKB48, MV nya lumayan bikin mimisan, tapi langsung kecewa sama MV versi Indo nya karena beda jauh banget. Saya waktu itu juga perna denger sekilas-sekilas single kedua nya River, rasanya masih asing di kuping saya.Tapi lagu ketiga ini berhasil membuat saya penasaran dan pengen berkenalan lebi jauh.

Di dalam MV itulah pertama kalinya saya melihat dia. Dalam salah satu scene dia lagi bermain basket, latihan ngeshoot tapi gagal terus. Senyumnya, imutnya, lucunya, bener-bener menarik perhatian saya. Suaranya cempreng-cempreng cadel gitu. Browsing-browsing setelahnya baru saya tau kalo dia memang orang jepang asli transferan dari AKB48. Saya jadi cari tau gimana kisahnya, perjuangannya, keberaniannya untuk pindah, dan sebagainya. Ga butuh waktu lama untuk bikin saya jatuh cinta. Ada satu video dia belajar bahasa Indonesia, ketuker-tuker sebutin kunci, kursi, kelinci, dan itu ga bosen-bosen saya ulang-ulang terus sambil senyum-senyum sendiri, saya mulai menyadari ada yang “salah”.

 

“Tidak ada alasan apapun

Pada saat ku diperkenalkan

Aku bagaikan tersambar petir

(Fall in Love!)”

 

Itu cerita udah 3 tahunan yang lalu, sekarang aja JKT48 udah ngeluarin single yang ke 14. Selama itu saya sebagai fans kayanya gitu-gitu aja, saya ga tinggal di Jakarta, jarang ada urusan kerjaan atau main atau stay agak lama di Jakarta, sebatas tau JKT48 dari twitter dan layar kaca, hanya bisa menikmati (diam-diam) dari kejauhan. Saya pengen banget bisa berinteraksi, nonton langsung, hadir di acara-acara mereka, tapi dengan kondisi saya, latar belakang, lingkaran pergaulan dan segala keterbatasan saya lainya rasanya sulit sekali bisa mendapat kesempatan itu. Semuanya itu berubah ketika awal tahun ini, dia mengumumkan untuk graduate (keluar) dari JKT48 akhir tahun 2016.

 

“Cewek tipe idamanku itu

Bagai ditarik ke tempat ini

Begitu cepat tanpa kusadari”

 

Saya ingin memanfaatkan waktu yang tersisa ini sebaik mungkin, semaksimal yang saya bisa. Saya memberanikan diri (dengan tebal muka sok kenal sok deket) mengajak salah satu kenalan di twitter, @umenumen untuk menemani menonton show theater. Saya berterimakasih banget karena dia ternyata sangat baik, ramah, banyak membantu dan mengajari saya.

Bulan Maret lalu saya akhirnya merencanakan untuk nonton theater JKT48 pertama kali. Sialnya, satu hari sebelum show, yang lagi pengen banget dijumpai bilang kalau dia berhalangan hadir karena ada kegiatan lain. Yah mungkin belum jodoh, pengalaman pertama saya theateran pun bisa dibilang antiklimaks, apalagi saat itu karena dateng telat saya harus menonton berdiri jauh di bagian paling belakang, ga kebagian kursi.

Bulan April ada acara konser dan pengumuman hasil Sousenkyo tapi saya ga bisa dateng karena tanggalnya pas banget sama acara kawinan sepupu. Bulan -bulan berikutnya saya ga dapet waktu yang pas untuk ke Jakarta lagi, pas bulan Juni, JKT48 nya malah adain acara theater sementara di Surabaya, pertengahan tahun mendekati lebaran kerjaan lagi banyak-banyaknya, theater JKT48 pun libur gak ada show selama bulan Puasa.

Baru di bulan Agustus saya baru bisa mendapat kesempatan lagi, ada salah satu acara, Janken Competition alias kompetisi suit jepang. Seneng banget  bisa hadir di acara itu, seru luar biasa dan asiknya lagi saya bisa berkenalan dengan beberapa temen baru. Besoknya, saya dan temen dateng ke GIIAS, eh pas banget ada JKT48 Team T perform. Lumayan, lagi-lagi bisa melihatnya langsung meskipun masih dari kejauhan.

Kebahagiaan itu datang di bulan September. Ada sebuah acara yang sudah saya tunggu-tunggu, dari dulu saya pengen dateng dan ngerasain, akhirnya kesempatan itu dateng juga. Acara itu adalah Handshake event.

Melalui beberapa lembar tiket yang saya punya, pada hari itu saya bisa bertatap muka langsung, berkenalan, bersalaman dan mengobrol dengan dia.

O             :               Hai.. Mau kenalan ya, panggil aja OON

H             :               OON ? (nyebutin nama saya sambil monyong-monyong lucu keheranan)

O             :               Iya, saya baru pertama ikutan handshake, pengen ketemu oshi aku, kamu

H             :               Yeay..

(tangan kirinya menepuk lengan membuat gestur tepuk tangan sementara tangan kanannya masih berada di genggaman tangan saya)

O             :               Yang pengen handshake sama kamu banyak yah, sampe ngantri gini

H             :               Iya, mungkin karena aku mau graduate

O             :               Iya, aku juga dateng karena itu, capek ga daritadi ?

H             :               Capek si, tapi seneng..

H             :               Kacamata kamu bulet gitu, lucu banget si (nunjuk-nunjuk sambil ketawa)

O             :               Ah ga.. Kamu tuh pake Yukata gitu cantik banget ya

H             :               Makasih.. (goyangin badan seolah-olah lagi pose)

H             :               Cocok ga ?

O             :               Ya cocok lah, kamu kan orang Jepang, orang Jepang beneran bukan si ?

H             :               Kan sekarang orang Indonesia (ketawa)

O             :               Aku pengen ke Jepang deh, belum pernah

H             :               Iih.. haruuss.. (tiba-tiba antusias)

H             :               Makanan nya enak-enak tau

O             :               Ah kamu mah makanan melulu kan..

H             :               Beneran.. (ketawa)

O             :               Emang apa aja yang enak ? Dimana tempatnya kasih tau dong

H             :               Kasi tau ga ya.. (nempelin telunjuk ke dagu sambil senyum ngeledek gemesin)

O             :               Yaudah ga usah kasih tau, kamu ikut aja deh ya, nanti aku culik

H             :               Iyah (mengangguk lalu senyum manis sekali)

O             :               Ngomong-ngomong, aku belum pernah nonton kamu di theater loh

O             :               Semoga nanti sebelum kamu graduate aku bisa nonton kamu ya

H             :               Iya, janji ?

O             :               Janji !

 

“Saat mata bertemu

Dada berdegup kencang

Di dalam hati ini

Tanpa sadar ku berteriak

(I’m loving you!)”

 

Di penghujung Oktober, ada sebuah show special di theater JKT48, show itu menampilkan salah satu setlist favorit saya “Boku No Taiyo”, namun kali ini tidak dibawakan oleh team K3 tapi dibawakan oleh beberapa member pilihan, campuran dari 3 tim, semacam all-star, dan dia akan menjadi sorotan utama dalam show ini karena show ini diadakan sebagai ucapan terimakasih dia kepada JKT48. Semesta mengijinkan, saya menang undian tiket 2 show sekaligus, berangkatlah saya ke Jakarta, sekali lagi menuju FX Sudirman lantai 4, menempuh lebih dari 500 km, demi untuk dia

 

“BINGO! BINGO!

Akhirnya kita berjumpa lagi

(finally)

 BINGO! BINGO!

Tuk pertama kali akhirnya kusadari

(I’ll take a chance)

BINGO! BINGO!

Sampai saat ini tak menoleh

Untungnya aku terus menunggu

Takdirpun berpihak padaku

(love love me do)”

 

Saya mengantri tak sabar bersama ratusan orang lainnya, berdiri di depan theater dengan mata tertuju ke sebuah layar yang memunculkan angka, berharap-harap cemas supaya layar tersebut segera memunculkan nomor yang tertera di tiket saya. Dan nomor yang pertama kali dipanggil oleh bapak sekuriti bertoa adalah nomor antrian tiket saya ! Ini artinya saya bisa segera masuk, mencari memilih tempat duduk senyaman mungkin. Tiga baris dari depan, di bagian tengah, kira-kira tepat di depan posisi dia berdiri di atas panggung.

 

“Karena keajaiban ini ku ingin melompat kegirangan

Dan ku bersyukur kepada Tuhan

(Thank You)

Kebetulan itu sebenarnya skenario yang telah disiapkan

Tanpa diketahui oleh siapapun”

 

Dan dia berada di sana, di atas panggung , hanya beberapa langkah di depan saya. Saya dapat melihatnya dengan sangat jelas, dia bernyanyi dengan ceria dan menari penuh semangat. Di tengah kilauan lampu sorot, dentuman musik, dan sorak sorai penonton lainnya, dia tersenyum, tertawa, terlihat sangat menikmati saat-saat itu. Keringat yang sesekali menetes, nafas yang sesekali tersenggal, tidak mampu memudarkan pesona nya.

 

“Setiap kali diriku memikirkan dirimu

Dadaku jadi sesak, bernafaspun menjadi sulit

(crazy for you)”

 

Semoga dia melihat saya, semoga dia mengingat saya, semoga dia menyadari keberadaan saya di sana untuk menepati janji saya kepadanya, memanfaatkan waktu dan kesempatan yang tidak lagi tersisa banyak. Semoga dia tau betapa bahagianya saya saat itu, dan apapun yang terjadi nanti semoga dia bisa merasakan kebahagian yang sama.

Sampai ketemu lagi ya, Haruka..


“HIT! HIT!

Sasaran pun kini telah terkunci

(Just met you)

HIT! HIT!

Kini hatiku telah dicuri olehmu

(stole my heart)

HIT! HIT!

Ku punya firasat kan bertemu

Suatu saat, di suatu tempat, dirimu, sapuraisu..

(Oh my God)”

 

Categories: JKT48 | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “BINGO!

  1. duh jadi iri dah aarrrgghh >.<
    btw udah buat video buat gradnya haruka blom bang ?

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.